Widget HTML Atas

Tadabbur Quran Qs Maryam Ayat 46 - 47 Bersama Official Website Tadabbur Qur'an Indonesia

Tadabbur Quran Surat Maryam Ayat 46 - 47

Engkau tidak kuasa mengendalikan akhlak orang lain
Akan tetapi engkau memiliki kuasa atas reaksimu pada mereka

[Syaikh Dr. 'Abdullah bin Balqasim]

{ …لَئِن لَّمْ تَنتَهِ لَأَرْجُمَنَّكَ ۖ وَاهْجُرْنِي مَلِيًّا (46) قَالَ سَلَامٌ عَلَيْكَ ۖ … }
“…(Ayah Ibrahim berkata) ‘Jika kamu tidak berhenti, niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah aku untuk waktu yang lama.’ Berkata Ibrahim: ‘Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu…’,”
[ Surah Maryam, 19: 46-47 ]
Pengalan tadabbur qur'an di atas adalah salah satu dari banyaknya tadabbur ayat-ayat Al Qur'an yang telah diterjemahkan dari teks berbahasa arab ke bahasa indonesia oleh kami (Tim Tadabbur Quran Indonesia).
Allah telah memuliakan umat Islam dengan Al Qur'an, dan menghinakan golongan lain karena menjauhi dan meninggalkan Al Qur'an. Sungguh Al qur'an yang setiap hari kita baca secara otomatis mampu mentarbiyah (membina dan mengarahkan) setiap jiwa yang berinteraksi dengannya agar menjadi manusia yang berimandengan iman yang haqqa (sejati) dan berakhlaq mulia. Namun kenyataan ini belum sepenuhnya terealisasi dalam kehidupan manusia. Kondisi inilah yang mendorong Tim Tadabbur Qur'an Indonesia untuk membangun official website Tadabbur Qur'an Indonesia setelah sebelumnya kami hanya aktif di beberapa media social seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube. Harapan kami website tersebut dapat membantu seluruh muslim di Indonesia mentadabburi ayat-ayat Al Qur'an. Silahkan kunjungi official website Tadabbur Quran Indonesia disini.
Ketika Al Qur'an baru dipahami sebagai bacaan tanpa ruh (sekedar target pahala) apalagi ketika hanya diacuhkan, hanya tersimpan dalam lemari yang terkunci rapat dan hanya diyakini sebagai pengusir jin dan hiasan dinding karena kaligrafi yang mahal dan indah. Maka realita inilah yang memicu hilanganya daya tarik energi Al-Qur'an. Bahkan bisa jadi yang hanya sekedar membacanya tidak merasakan keagungannya. Karena tidak ada interaksi apapun maka Al Qur'an menjadi sangatlah asing, jika sudah demikian alangkah besar kerugian hidup di dunia dan akhirat.
Official Website Tadabbur Quran Indonesia mencoba menggambarkan hakikat Al qur'an yang diturunkan oleh Allah SWT dengan penuh rahmat ini dengan mengetengahkan penggalan ayat-ayat Al Qur'an, hadist nabi dan kehidupan salafus shalih yang berhasil mentarbiyah diri mereka dengan Al Qur'an dari berbagai sumber terpercaya dan shahih. semoga dengan seringan interaksi kita dengan Al Qur'an (membaca dan mentadabburi) menjadi 'ala ilmin (benar-benar didasarkan pada pengetahuan yang pasti), bukan hanya terikat pada sebuah tradisi dan warisan dimasa lalu.

“Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah kitab (Al Qur'an) kepada mereka yang kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami menjadi petunjuk bagi orang-orang yang beriman’,”
[ Surah Al-A'raf, : 52 ]
Oleh karenanya, ketika Al Qur'an disikapi dengan 'ala ilmin oleh setiap orang yang beriman, in syaa Allah akan memberikan pengaruh secara nyata dan membumi dalam kehidupan kita, dan akan membentuk pribadi-pribadi yang memiliki pemahaman terhadap Al Qur an sebagai berikut :1. Menyadari dan meyakini keagungan Al Qur'an sebagai petunjuk dan rahmat di dunia dan akhirat bagi umat manusia.2. Mampu berinteraksi secara aplikatif dengan Al Qur'an, sehingga berdampak pada karakter pola pikir yang Qur'ani dan berakhlak sesuai dengan Al Qur'an.3. Mampu mewarnai umat dengan nilai-nilai Al Qur'an yang suci, sehingga akan semakin meningkatkan jumlah "manusia manusia Qur'ani" yang akan menjadi asset besar demi terciptanya proses tegaknya Al-Qur'an di atas bumi ini.

Saya menyadari sepenuhnya, bahwa cita-cita di atas merupakan cita-cita besar yang tidak mungkin diperjuangkan hanya dengan tulisan-tulisan di dalam sebuah website. Namun saya tetap berharap kepada Allah SWT semoga official website Tadabbur Qur'an Indonesia dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi setiap mukmin yang membacanya. Sehingga apa yang dibaca berubah menjadi proses yang berkembangmenjadi aksi-aksi nyata dan langkah-langkah yang terprogram untuk menghidupkan umat ini dengan AL Qur'an. Selanjutnya, semoga apa yang Allah SWT janjikan untuk umat ini segera menjadi kenyataan dan dapat kita rasakan. Bersama Al Qur'an in syaa Allah manusia hidup mulia.

Tidak ada komentar untuk "Tadabbur Quran Qs Maryam Ayat 46 - 47 Bersama Official Website Tadabbur Qur'an Indonesia"

Berlangganan via Email