Ads

Day 6 Level 11: Pentingnya Aqil Baligh Tumbuh Bersamaan















Kesimpulan Pribadi:

Aqil adalah kematangan pemikiran, perasaan, emosi, sehingga ada keterkaitan erat antara otak dan hatinya. Misalnya, orang yang aqil tahu bahwa berhubungan seksual bisa menyebabkan kehamilan, maka menyadari konsekuensi bahwa bisa hamil membuatnya bersedia menunda kesenangan melakukan hubungan seksual sampai waktunya nanti menikah. Ini contoh keterkaitan otak dan hati, dalam hal ini perasaan. Bersedia menunda kesenangan, meskipun fisik sudah siap dan fungsional.

Baligh adalah kematangan fungsi reproduksi. Tandanya adalah menstruasi pertama pada perempuan, dan mimpi basah pertama pada laki-laki. Ulama menyepakati batas aqil-baligh adalah 15 tahun Kenyataan yang terjadi saat ini, baligh menjadi cepat (10-15 tahun), sedangkan aqil menjadi melambat (25 tahun). Pentingnya matang secara fisik dan matang secara akal agar tidak adalagi perasaan bingung terhadap diri sendiri dan lingkungan. Bisa menambil sikap yang bijak. Tahu dan paham yang mana baik dan buruk dari hatinya bukan karena diberitahu orang tua.

Sehingga penting sekali aqil baligh tumbuh paripurna secara bersamaan, Kematangan fisik (baligh) manusia melahirkan nafsu, baik nafsu seks (eros/life instinct) maupun nafsu agresivitas (thanatos/death instinct), yang mampu mengendalikannya adalah akal (aqil). Aqil dan baligh yang terjadi bersamaan akan menghindarkan anak dari galau, anak-anak kita akan mengenal jati dirinya dan lebih jauh lagi akan menghasilkan karya besar bukan masalah besar. Banyak masalah fenomena ke-remaja-an yang bisa dicegah apabila aqil baligh ini bisa tumbuh bersamaan, karena mereka akan mengerem diri sendiri dari bertindak tanpa berpikir, dan mereka akan fokus pada produktivitas karena didorong oleh kematangan pemikirannya sendiri. Jadi, tak hanya islam. Adat budaya, kearifan lokal Indonesia pun mendukung untuk anak menjadi dewasa paripurna. Akil dan baligh bersamaan. Tapi sayangnya kearifan lokal itu tergerus oleh zaman. Tapi apa yang kita temui sekarang? Bukannya pemuda namun remaja. Baligh anak makin cepat. Sedang faktor pembentuk aqil mulai menghilang dan diabaikan.

Posting Komentar

0 Komentar