Ads

Day 3 Level 7: Mengajarkan Anak Mencintai Rasulullah

Mengajarkan Anak Mencintai Rasulullah, Keluarga dan Sahabat Beliau. Antara Nabi, Matahari, dan Bulan perhatikanlah firman Allah berikut ini:
Ketika Allah menyifati bulan, Dia berfirman:
️{ وَقَمَرًا مُّنِيرًا }
"Dan bulan yang bercahaya (muniiran)" (QS Al Furqān [25]: 61)
.
Ketika Allah menyifati matahari,  Dia berfirman:
{ وَجَعَلَ الشَّمْسَ سِرَاجًا }
"Dan menjadikan matahari sebagai pelita (siraajan)" (QS Nūh [71]: 16)
.
Adapun ketika berkenaan pada Nabi kita, Muhammad ﷺ, Dia berfirman:
.{ وَدَاعِيًا إِلَى اللَّهِ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُّنِيرًا }
."Dan untuk menjadi penyeru kepada agama Allah dengan izinNya dan sebagai cahaya yang menerangi (siraajan muniiran)" (QS Al Ahzāb [33]: 46)
.
Artinya Allah gabungkan 2 sifat ini pada diri Rasulullah ﷺ dengan beberapa hikmah:
1. Menyempurnakan keindahan (identik dengan bulan) dengan keagungan (identik dengan matahari) pada diri Nabi.
2. "Rahmat bagi seluruh alam" (rahmatan lil 'aalamiin) yang dibawa oleh Nabi berupa Islam akan terus "memberikan cahaya" di sepanjang waktu ibarat silih bergantinya sinar matahari (siraajan) di waktu siang dan cahaya rembulan (muniiran) di waktu malam. (Rawaa'i Al Qur'an)

Sebagaimana salafus saleh dan para pengikutnya memiliki perhatian besar dalam menanamkan kalimat syahadat di hati anak, kita pun hendaknya turut meneladaniny. Karena apabila anak-anak cinta kepada Rasul-Nya, perasaan si anak akan tergugah, menambah semangat keislamannya, mendorongnya untuk melakukan segala kebaikan, memberikan solusi bagi segala permasalahannya.
.
Walau pun semua anak adalah bitang, perlu bagi kita mengenalkan bintang paling terang untuk figur yang akan diidolaknnya agar tidak salah memilih idola. Hal ini dilakukan agar mendorongnya mengidolakan Rasulullah dan para sahabatnya, berjalan sesuai petunjuknya dan meneladani sunnahnya.
.
Lalu bagaimana menanamkan cinta kepada Rasulullah saw? Saya dan suami berikhtiar memberikan contoh kepada Utsman sesuai kemampuan kami, salah satunya dengan bersegera dalam menyambut seruan dan melaksanakan perintah beliau. Karena dorongan dalam bersegera menyambut panggilan dapat menambah kecintaan dan merupakan bukti cinta itu sendiri.
.
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Posting Komentar

0 Komentar