Ads

Day 1 Level 7: Memahami Perilaku Anak-Anak Kita

Mungkin sering sesekali kita melihat perilaku seorang anak yang terkesan buruk, membuat kita secara langsung atau pun tidak langsung mudah melabeli mereka sebagai anak nakal. Namun seandainya kita mau mencoba bersabar, mencoba mendengar alasan serta mau melihat sudut pandang lain atas perbuatan yang mereka lakukan in syaa'a Allaah mungkin kita akan mampu bersikap lebih bijaksana dalam merespon setiap perbuatan mereka yang mungkin tidak kita harapkan.

Saat ini Utsman berusia 10 bulan, kemampuannya merangkak dan ketertarikannya pada lingkungan sekitar benar-benar menyita waktu dan perhatianku, rasa ingin tahunya teramat kuat untuk menyentuh semua benda yang terlihat olehnya, terlebih pada benda bergerak. Sungguh dibutuhkan banyak kesabaran dan kondisi tetap waras dalam membersamainya bertumbuh dan belajar di fase ini.

Sebut saja salah satu benda favoritnya saat mengeksplorasi lingkungan sekitar adalah kipas angin, saking sukanya dengan kipas angin ini, kini Utsman sudah mampu menyalakan 2 jenis kipas angin berbeda tanpa bantuan dan itu terjadi sejak ia berusia 9 bulan, yang satu menyalakan kipas angin dengan cara ditombol dan yang satu lagi dengan cara diputar, maa syaa'a Allaah wa subhanallaah ku sering dibuat deg degkan hingga geram karenanya.

Ku akui terkadang terbesit hal negatif walau hanya terlintas dihati saat sudah teramat lelah membersamai Utsman bermain dan belajar mengeksplorasi lingkungan sekitar. Semoga saat itu diriku mampu kembali mengingat jika saat ini putraku sedang belajar dan belum tersetting di dalam otaknya mana benda-benda yang berbahaya dan mana yang tidak. Di usianya saat ini ia hanya butuh pendampingan, pengawasan, perhatian, cinta serta banyak kesabaran.

Boleh jadi sebenarnya anak-anak kita tidak nakal, mereka hanya sedang berada dalam tahap menyempurnakan perkembangan otaknya dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Sehingga seringkali ide-ide yang ada dalam pemikirannya, mereka pandang sebagai sesuatu yang baik dan amat sangat mengasikkan, namun boleh jadi dimata kita terlihat terlalu konyol bahkan sangat berbahaya.

Hanya kita yang mampu menurunkan ego, bukan anak kita yang harus memahami kita. Kitalah yang harus sedikit bersabar memahami ide-ide anak kita yang sedang berkembang untuk semakin mampu, semakin cerdas, semakin bijaksana, semakin tepat dan wajar dalam bersikap serta semakin berprestasi dalam berkarya. Karena diusia 0-6 tahun mereka hanya butuh teman bermain yang menyenangkan, penuh rasa bahagia, bermanja dengan orang tua, terpenuhi kebutuhan cintanya, aman lingkungannya serta nyaman yang diarasakannya.

#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Posting Komentar

0 Komentar