Ads

Day 8 Level 6: DIY Beras Warna-Warni

Hi Moms, pernah tidak sih merasa bahwa Si Kecil sudah mempunyai banyak mainan tapi tidak pernah disentuh lagi karena sudah bosan? usia anak-anak adalah masanya mereka mengeksplorasi lingkungan untuk menemukan sesuatu yang baru sehingga wajar jika ia akan cepat bosan, namun kita tidak mungkin juga akan membelikan mainan yang baru setiap hari. Nah bagaimana jika kita coba memanfaatkan barang-barang yang sudah ada saja. Misalnya dari beras, kita bisa membuat DIY beras warna-warni dengan sangat mudah.
Alat dan Bahan: 

  1. Beras
  2. Pewarna makanan
  3. Toples dan tutupnya
  4. Mainan lama Si Kecil
  5. Wadah plastik atau baking tray
Cara membuat:
Pertama, masukan dulu beras pada toples dengan takaran yang dikehendaki.
Kedua, berikan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam toples yang sudah berisi beras. Lalu, tutuplah toples dan kocoklah toples agar pewarna makanan mewarnai beras hingga merata.
Ketiga, buka toples dan sebarkan beras yang telah diwarnai ke dalam piring. Diamkan hingga pewarna makanan mengering.
Keempat, ulangi langkah-langkah di atas untuk warna yang berbeda.
Kelima, setelah beras-beras yang telah diwarnai itu mengering, tuanglah dalam wadah yang rendah ataubaking tray. Tambahkan mainan figurin Si Kecil yang sudah tidak pernah disentuh lagi dan biarkan ia bermain dengan imajinasinya sendiri.
Tips:
  1. Kita juga bisa memanfaatkan beras warna warni ini untuk memberi sentuhan baru kepada mainan lama, anak akan terinspirasi untuk bermain dengan kreatif seperti menciptakan cerita di antara mainannya tersebut.
  2. Selain itu kita juga bisa menemani Si Kecil bermain sembari mengajarkan nama-nama warna padanya.
Respon Anak:
Utsman sangat senang bermain beras warna-warni sambil saya mengenalkan warna dan bercerita pendek tentang mainannya. Dalam mempelajari matematika logis secara tidak langsung Utsman belajar tentang satuan berat walau baru mengenal dua kata: banyak dan sedikit.

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

Posting Komentar

0 Komentar