Day 7 Level 6: Water Play

by - 2/23/2019 09:17:00 AM

Bagaimana cara merawat dan mengembangkan potensi anak dengan cara yang menyenangkan? Bermain air adalah jawabannya! Kegiatan ini mungkin sederhana, namun memiliki dampak yang cukup positif terhadap perkembangan anak Anda. Yang Anda perlukan hanyalah sebuah bak mandi, sedikit waktu untuk diluangkan bersama si kecil, dan beberapa mainan lucu. Setelah sukses memberikan semua hal itu, Anda sukses melakukan langkah positif dalam perkembangan anak Anda. Bermain air tidak hanya menyenangkan bagi anak, tapi juga membantu proses belajar anak, yaitu:
  1. Kemampuan Memecahkan Masalah (Problem Solving) Saat anak bermain dengan air, mereka akan mempelajari tentang proses sebab akibat. Contohnya, saat Anda memberikan mainan yang dapat mengambang, anak Anda akan segera mengerti bahwa tidak semua benda besar tenggelam, dan beberapa benda dapat mengambang.
  2. Kemampuan Matematika Matematika dan acara main air mungkin terdengar sangat berbeda. Tapi sesungguhnya dengan bermain air, anak mempelajari konsep lebih banyak/lebih sedikit, sama/tidak sama, kosong/penuh, banyak/sedikit, dan lain sebagainya. Anak juga bisa diajari mengapa ada hujan, mengapa ada air terjun, dan beberapa bentuk zat seperti gas, padat dan cair.
  3. Perkembangan Fisik Main air mendorong perkembangan koordinasi mata dan tangan melalui menuangkan air, menggosok, atau bahkan mencipratkan air. Mereka juga semakin mempelajari konsep perbedaan suhu (panas dan dingin), ukuran (besar dan kecil), dan lain-lain.
  4. Pengendalian Emosi Bila orang dewasa punya mandi busa atau shower hangat untuk menenangkan diri, maka anak bisa menenangkan emosinya melalui main air! Kegiatan seperti menyiram, menyipratkan, dan lainnya akan membantu anak untuk mengekspresikan emosinya. Sesederhana itu, karena air merupakan media yang paling aman bagi anak dan sama sekali tidak membahayakan. Sederhana bukan? Simple, tapi patut Anda coba!
  5. Perkembangan Bahasa Cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada bayi adalah meluangkan waktu untuk ‘mengobrol’ dengan si kecil. Mengobrol dengannya tentu bisa Anda lakukan di sela-sela aktivitas bermain air.
  6. Perkembangan Kreativitas Bermain air mengajak anak untuk menggunakan imajinasinya, terutama bila acara main air ditemani mainan seru yang lucu. Bermain air juga mendorong anak untuk mencoba ide baru dan mencari solusi.
Jadi, saat balita Bunda sedang mandi, Bunda tak perlu buru-buru mengangkatnya dari bak mandi. Biarkan saja ia bermain air selama beberapa saat. Manfaat positif dari main air bagi perkembangan anak pun akan lebih mudah didapatkan.

Sumber: http://www.earlychildhoodnews.com/earlychildhood/article_view.aspx?ArticleID=374 http://www.paulbeaumont.net/baby-swimming-infant-reflexes-and-developmental-movement/

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

You May Also Like

0 komentar