Ads

Day 5 Level 6: Melihat Warna

Untuk membantu penglihatan bayi menjadi lebih matang, Ayah Bunda bisa memberikan mainan berbentuk sederhana dengan pola yang kontras, seperti mainan gantung warna-warni.

••• 

Saat baru lahir, penglihatan bayi masih buram dan hanya dapat melihat sesuatu yang berjarak 20-30 cm, melihat ukuran benda apakah besar atau kecil, dan bayangan warna cerah atau pun gelap (hitam putih). 

Penglihatannya baru berkembang di sekitar usia 4 bulan, saat matanya dapat mengikuti pergerakan benda dan mulai dapat melihat semua warna. Ia akan dapat memperkirakan jarak saat dapat berjalan dan merangkak di usia 8-12 bulan. 

Seiring dengan peningkatan penglihatan mereka, bayi cenderung merespons warna-warna kuat, corak dan bentuk, sehingga untuk menstimulasi penglihatannya, Ayah-Bunda dapat mengenalkan bayi dengan mainan ataupun gambar yang memiliki warna-warna yang kontras. Akan lebih baik jika warna-warna ini merupakan warna yang cerah, bukan warna pastel. 

Bantu si kecil mengembangkan indera penglihatan dengan cara berikut: 

1. Gendong anak agar ia bisa mempelajari kontras wajah Anda, seperti pupil hitam dan bagian putih mata serta garis rambut atau lipstik di bibir Bunda (kenakan lipstik warna cerah jika Bunda memiliki kulit gelap). 

2. Dekorasi kamar dengan pola tegas dan warna cerah. 

3. Ayah-Bunda dapat menempelkan pola berwarna kontras (merah-hitam-putih) di dekat tempat tidur bayi. Bentuk pola beragam, misalnya pola zigzag, lingkaran, kotak-kotak, maupun kupu-kupu. 

4. Ayah-Bunda dapat menggantungkan mainan berwarna cerah. 

5. Baringkan ia di matras warna-warni dengan cermin selama tengkurap. Ia akan terpesona oleh tampilannya sendiri dan menyukai aneka warna. 

Manfaat Aktivitas ini : 

1. Menstimulasi penglihatan bayi 
2. Mengenalkan bayi pada warna dan pola 
3. Menstimulasi perkembangan kognitif bayi 
4. Meningkatkan konsentrasi 
5. Merangsang penciptaan sel neuron otak 

Mungkin orang mengira bahwa bayi, terutama yang baru lahir, belum dapat memahami atau merespons hal di sekitarnya. Padahal memberikan stimulasi bayi yang tepat sejak dini akan berdampak besar pada kehidupannya di kemudian hari. 


#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

Posting Komentar

0 Komentar