Ads

Day 2 Level 6: Main Ci-Luk-Ba


Ciluk ba menjadi salah satu permainan yang paling sering dilakukan orang tua kepada anaknya. Ya, permainan satu ini ternyata tidak hanya populer di Indonesia tapi juga di negara-negara lain. Senang sekali ya rasanya melihat senyum dan tawa si Kecil tiap kali kita membuka kedua tangan yang sebelumnya menutupi wajah. Menariknya, permainan ciluk ba bukan hanya bisa dijadikan cara seru untuk bercanda dengan si Kecil, tapi juga bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

• Melatih Percakapan melalui Tawa
Permainan ciluk ba dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk berkomunikasi dengan si Kecil. Pasalnya ketika si Kecil tertawa karena permainan ciluk ba yang Mum lakukan, kita pasti juga akan ikut tertawa bersamanya. Nah, tawa inilah yang menjadi elemen penting untuk melatih kemampuan si Kecil berinteraksi dengan orang lain sebelum ia mengenal bahasa.

Dr. Caspar Addyman, seorang peneliti tawa bayi dari Birkbeck College juga mengatakan bahwa sebagai salah satu bentuk candaan, ciluk ba dapat mengajarkan si Kecil untuk meniru dan melakukan kontak mata. Hal ini penting untuk mengajarkannya berinteraksi sejak dini.

• Mengurangi Rasa Cemas dan Sedih
Ketika menutupi wajah dengan kedua telapan tangan, Mum akan “menghilang” dari pandangan si Kecil. Awalnya, ia mungkin akan merasa cemas dan ketakutan karenanya. Namun, begitu Mum membuka kedua tangan dan kembali menampakkan wajah Mum di hadapan si Kecil, ia pasti akan tersenyum karena merasa senang. Hal ini mampu memberi stimulasi padanya untuk mengurangi rasa cemas dan sedih. Biasanya cara ini bisa Mum lakukan hingga si Kecil berusia satu tahun.

• Mengenali Kebiasaan
Tahap perkembangan si Kecil yang semakin pesat, memungkinkan ia untuk belajar mengenali hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Untuk mengasah kemampuan tersebut, permainan ciluk ba bisa dijadikan cara seru. Semakin sering si Kecil bermain ciluk ba bersama, lama kelamaan ia akan mengenali tanda-tanda saat Mum ingin melakukan permainan tersebut. Hal ini bisa dilihat ketika ia sudah tersenyum saat kita mulai menutup mata untuk memulai ciluk ba.

• Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Seiring dengan usianya yang terus bertambah, kemampuan belajar si Kecil juga ikut berkembang. Karena sering bermain ciluk ba, ia yang sebelumnya hanya menjadi ‘penonton’, kini mulai berani untuk meniru dan memulai permainan. Tunjukkan ekspresi terkejut saat ia memulai permain ciluk ba ya, Mum. Dengan begitu, si Kecil pun akan merasa lebih percaya diri dan berani untuk melakukan hal lain di kemudian hari.

Selain itu bermain Ciluk ba bersama si Kecil mengajarkan padanya konsep matematika terkait penjumlahan dan pengurangan dari kegiatan ada dan tidak ada.

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

Posting Komentar

0 Komentar