Day 2 Level 5: Tips Mengajari Balita Membaca Al-Qur'an

by - 1/10/2019 07:18:00 PM


Ada sebuah pepatah, seribu ekor kera mampu dilatih memancing ikan, namun tak satu pun dari mereka yang mampu membuat kail dan mewariskannya pada anak-anaknya. Hal ini sangat berbeda dengan kemampuan seorang anak manusia, ia dapat belajar dan ia dapat mewariskan kemampuannya pada anak-anaknya.

Seperti biasa, mendampingi tumbuh kembang anak memiliki tantangan tersendiri bagi orang tuanya. Saya sendiri dalam kegiatan mengajarkan Utsman (7m) membaca Al-Qur'an  walaupun masih dalam tahap mendengarkan bacaan Al-Qur'an mendapati banyak tantangan. Mungkin saat masih bayi memang lebih mudah ya membacakan Al-Qur'an untuk bayi, bisa sambil tidur pegang Al-Qur'an atau sambil menyusui. Namun ketika bayi sudah aktif mulai belajar duduk, merangkak, dan berdiri tentunya berbeda kondisi. Jika teman-teman ingin mengunakan metode tabarrok seperti saya dalam mengajari balita membaca dan menghafal Al-Qur'an, maka siapkanlah diri Anda dengan hafalan juga. Sehingga tidak hanya bayi kita yang nantinya hafal Al-Qur'an namun kita juga, syukur-syukur jika bisa dilakukan dengan suami. Maka yang lahir tidak hanya seorang anak yang hafal Al-Qur'an melainkan keluarga ahlul qur'an. Semoga Allah mampukan kita, aamiin

Tipsnya:
1. Jika sudah punya hafalan maka muraja'ahlah saat anak tidur.
2. Jika belum punya hafalan maka hafalkan semampunya setiap malam halaman yang akan kita bacakan ke anak kita esok harinya
3. Untuk memudahkan menghafal, bacalah al-qur'an yang akan di hafal 20 kali di pagi hari, lalu hafalkan di malam hari. Begitu juga bagi hafalan yang kurang kuat untuk dimurraja'ah.

Dengan demikian, aktivitas bermain bersama anak yang mungkin lari-lari pun tetap bisa sambil melantunkan bacaan Al-Qur'an.

Oh iya, sesuai janji saya, berikut file download flashcard huruf hijaiyah. Bisa dikenalkan untuk permainan anak saat belajar, jika tidak suka warnanya bisa di edit sendiri ya, file downloadnya ada dibawah.

Saran saya, cetak dipercetakan dengan kertas ivory dan dilaminasi doff. Jika diprint sendiri pakai printer juga bisa menggunakan kertas foto, atau kertas biasa lalu di laminasi.






download file corelnya bisa dengan klik link ini

Untuk download flashcard printabel ALFABET, klik disini

mau desain flashcard yang lainnya? ikuti terus postingan saya. Jazakillahu khairan

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst



You May Also Like

0 komentar