Ads

Day 10 Level 5: Propetic Parenting


Buku fenomenal karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid berjudul Propetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak ini sangat saya rekomendasikan dibaca oleh setiap orang tua dan calon orang tua, saya sendiri membacanya saat masih kuliah dan belum menikah. Walaupun saat ini sudah menikah pun rasanya buku ini sangat perlu untuk dibaca ulang. Dari buku ini juga saya jadi punya tekat jika dianugerahi Allah anak laki-laki, saya akan mengkhitannya saat masih bayi, sehingga Utsman pun di khitan saat usianya baru tujuh hari, jadi nggak hanya memberi nama dan menyelengarakan aqiqah. Di dalam buku ini ada banyak sunnah dalam mendidik anak, tentunya dengan mengetahui mana ibadah wajib dan sunnah, pengetahuan itu akan menjauhkan kita dari perkara-perkara yang tidak seharusnya dilakukan karena bertentangan dengan perbuatan Rasulullah Shallallâhu ’alayhi wa Sallam dan para sahabat.


“Setiap keluarga Muslim membutuhkan buku ini untuk ditelaah dan diletakkan dalam perpustakaan pribadinya, karena seluruh petunjuk kenabian yang terdapat di dalamnya dapat diaplikasikan dalam bentuk amal nyata.”


Hal mendasar yang ditulis di dalam buku ini berdasarkan kajian penulis terhadap Sirah Nabawiyah dan As-sunnah, adalah bahwa mendidik anak dimulai dari ketika kedua orangtua menikah. Kemudian hubungan keduanya sehingga kesalehan mereka dan kesepakatan mereka dalam melakukan kebajikan, memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam membentuk sisi psikis dan kecenderungan bagi sang anak.


Dalam buku ini penulis mengetengahkan pentingnya pertumbuhan anak di gendongan ibunya, keluarganya dan lingkungannya serta hubungan kekerabatan dengan kedua orangtua dan karib-kerabatnya. Juga tentang pentingnya menjaga nilai-nilai islami dalam masa pertumbuhannya dan membiasakannya untuk selalu berpikir serta pentingnya memakai berbagai media dan alat peraga yang sesuai dengan usia anak. Itu semua beliau simpulkan dari metode pendidikan Islam, hadis-hadis Nabi Shallallâhu ’alayhi wa Sallam dan pernyataan para pakar pendidikan Islam.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Posting Komentar

0 Komentar