Ads

Day 1 Level 5: Utsman Belajar Membaca Al-Qur'an



Setiap anak adalah pembelajar yang tangguh dan hebat yang sejati. Ada yang bilang, tidak ada anak yang tidak suka belajar kecuai fitrahnya telah terkubur atau tersingkapkan. Kita dapat melihat dari kegigihan dan kesungguhan anak kita belajar merangkak hingga berjalan dan berlari.

Tantangan belajar di Kelas Bunda Sayang kali ini bertopik Menstimulasi Anak Suka Membaca, dan pada setoran pertama ini saya ingin sharing kegiatan membaca bersama Utsman (7m20d) selama ini. Utsman memang masih balita, namun kegiatan membaca (membacakan buku) ini sudah saya lakukan sejak ia baru lahir, tepat setelah kami bersama pertama kali di kamar rawat keluarga RS. Hermina Pasteur pasca operasi. Jadi saya tinggal menarasikan saja ya, namun mohon maaf sepertinya pohon literasi Utsman hanya akan ada nama-nama surah dalam al Qur’an selama setoran ini, bukan nama buku-buku sebagaimana intruksi.

Jadi buku apa yang saya bacakan? Saya hanya membacakannya Al-Qur’an dan terjemahannya.
Kenapa demikian? Karena saya ingin Utsman hatam mendengarkan isi Al-Qur’an terlebih dahulu, agar saat sudah waktunya mengahafal diusia 5 tahun akan memudahkannya dalam menghafal Al-Qur’an.

Bagaimana kegiatannya? Sejak Bayi di bacakan satu surah setiap hari diulang empat kali (pagi saat bangun tidur, siang saat bangun tidur, sore setelah mandi, dan malam sebelum tidur) diulang setiap hari setelah lima hari ganti surah. Membacakannya sambil pegang musaf, namun disarankan orang tua juga hafal agar saat anak mulai bosan kita bisa mengambil mainan yang lain dan melanjutkan membaca dengan hafalan. Untuk surah yang panjang mulai juz 29/28 ke atas hinggal surah Al Baqarah (yang lebih dari satu halaman) dibacakan per halaman.

Terjemahan hanya dibaca sekali sambil bercerita isinya. Pilih satu waktu dari empat tadi saat hati anak sedang senang. Panjangnya sesuai kemampuan saja.

Misalnya terjemahan basmallah

Membaca basmallah, “bismillahi ar-rahmani ar-rahimi” lalu artinya “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.”

Dilanjutkan dengan menjelaskan sambil bercerita pendek misalnya, setiap kita ingin melakukan sesuatu harus membaca basmallah “bismillah” karena Rabb kita Allah SWT adalah Raja Yang Maha Mengasihi dan Penyayang. Dan di akhiri membaca hamdallah “Alhamdulillah” “Segala puji bagi Allah” yang telah memberikan kita nikmat iman untuk bertakwa, udara untuk bernafas, mata untuk melihat kebesaran ciptaan Allah, dan mulut untuk bersyukur serta berbicara yang haq. Begitu seterusnya.

Lalu ditambai sambil mengajaknya ngobrol, walau kita sendiri yang berdialog dengan diri kita sendiri dengan suara berbeda, contohnya

“Allah itu Rabb kita Umi?” menggunakan suara A

“Iya Nak, Allah Tuhan yang menciptakan kita.” Menggunakan suara kita

“Allah ada dimana Umi?” mengunakan suara A

“Allah ada di atas ‘Ars” menggunakan suara kita

“’Ars itu dimana Umi?” mengunakan suara A

“’Ars itu singgasana Allah, yang ada di atas langit ke tujuh.” Menggunakan suara kita
Begitu seterusnya, sesuai kemampuan kita bercerita. Sambil bercerita, biasanya saya memberikan Utsman mainan berupa flashcard hasil desain sendiri yang sudah di print. Hal ini bertujuan untuk memasukkan memory terkait bentuk-bentuk huruf. Sambil bercerita bisa sambil diselipin menyebutkan nama-nama huruf.

Alhamdulillah Utsman sudah mendengarkan Al-Qur’an sebanyak 4 juz dengan metode di atas. Pekan ini sedang mendengarkan surah Al-Fath dan artinya. Biidznillaah.

Untuk teman-teman yang ingin membuat juga, bisa download gambar berikut lalu diprint sendiri ya. Saran saya, print di percetakan menggunakan kertas ivory dengan laminasi doff, agar hasilnya tebal macam kertas undangan. Bisa juga pakai printer menggunakan kertas photo.

For free to download. Semoga bermanfaat.

Link download file dalam bentuk corel draw untuk prin di percetakan. klik disini






mau desain flashcard yang lainnya? ikuti terus postingan saya. Jazakillahu khairan

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst



Posting Komentar

0 Komentar