Ads

Penghasilan Seorang Blogger


Kali ini saya mau sharing terkait awal mula membuat blog lisanuraeni.blogspot.com yang sekarang jadi lisanuraeni.com, tepatnya 3 tahun yang lalu namun hanya sebatas untuk curhat seputar kegalauan atau kegembiraan menjalani hidup di perantauan saat menjadi mahasiswa S-1 di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, masih ala-ala curhat ke diary lebih tepatnya. Seiring berjalannya waktu, tepatnya setelah menikah, saya yang memang meniatkan diri sejak awal untuk menjadi full time wife and mother mencoba mencari kesibukan yang bisa menghasilkan suatu karya walau tetap berada di rumah menjaga ketenangan hati suami dan membersamai tumbuh kembang anak. Setelah berjelajah di internet akhirnya saya tertarik untuk menjadi mompreneur dan blogger yang dapat menghasilkan karya. Terasa sangat menyenangkan jika karya yang saya hasilkan bisa bermanfaat bagi banyak orang terlebih bisa membuat lebih dekat padaNya khususnya saya pribadi dan keluarga.

Bagi teman-teman yang suka nulis, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi blogger. Selain kita bisa merubah orang lain menjadi lebih baik dengan tulisan kita, seorang blogger profesional juga bisa menghasilkan penghasilan dari tulisan dan blog yang dikelola. Tema blog yang akan kita buat bisa disesuaikan dengan kesukaan kita. Bagi yang suka make up bisa jadi beauty blogger atau jika memang suka menulis tentang apa saja dalam hidup kita bisa masuk pada kategori lifestyle blogger sehingga bahasan kita jadi lebih luas, atau misal kita sama sekali nggak punya skill nulis tapi jago dalam urusan SEO (search engine optimazation) kamu bisa jadi blogger SEO dan menghire content writer untuk mengisi artikel-artikel blog kita sehingga kita tinggal menggarap optimasi SEO nya saja dan mendapat bayaran dari google melalui ad sense atau dari sumber lainnya. Penghasilan dari Google berasal dari pemasangan iklan berbayar dari google ad sense sehingga di blog kamu akan muncul iklan-iklan tertentu dan dengan munculnya iklan tersebut kamu akan mendapatkan bayaran. Pastinya seringkan megunjungi sebuah blog lalu bermunculan iklan-iklan tertentu? Nah dengan iklan-iklan tersebut muncul di blogmu kamu akan mendapat bayaran dari google. Namanya Adryan Fitra karena sudah master dalam dunia blogger, penghasilannya pun tidak tanggung-tanggung karena pernah mencapai 1 Milyar perbulan dari Google. Uwooow!

Selain google ad sense, sumber pengahasilan seorang blogger juga bisa didapat dengan mengikuti kompetisi-kompetisi blog yang sering diadakan oleh berbagai brand/perusahaan. Seperti seorang teman blogger saya yang rajin mengikuti kompetisi dan sering menang mulai dari hadiah-hadiah tertentu seperti paket produk dari brand yang menyelenggarakan perlombaan hingga uang puluhan juta rupiah. Keren ya!

Selain itu pendapatan seorang blogger juga bisa didapat lewat pembuatan sponsored post, maksudnya adalah kita mendapatkan uang dan produk gratis dari perusahaan dengan mereview produk tersebut di blog kita. Bisa juga melalui link afiliasi, yaitu link yang dicantumkan di suatu postingan artikel yang kalo di klik akan menuju pada situs-situs lain yang bekerjasama dengan kamu. Bisa juga jadi content writer, misal nih ada sebuah situs besar yang situsnya itu ramai dikunjungi tapi si empunya situs/blog kebetulan ga pinter nulis, akhirnya dia menghire seorang penulis (content writer) untuk menulis artikel sesuai dengan tema yang dia request, saya pernah baca di blog seorang teman di komunitas blogger yang saya ikuti, bahwa jasa seorang blogger & content writer profesional bisa dibayar sampai 12 juta rupiah per artikel oleh perusahaan-perusahaan atau situs-situs bonafide. Selain tulisanmu bisa bermanfaat untuk banyak orang dan merubah orang lain menjadi lebih baik kamu juga bisa dapat penghasilan dari blogmu.

Sumber pendapatan seorang blogger bermacam-macam ya! Gimana? Tertarik juga buat ngeblog?

Nah sekalian saya mau kasih tahu ke teman-teman jika postingan ini adalah hasil kolaborasi dengan teman-teman Bandung Hijab Blogger. Bagi teman-teman yang tertarik dalam dunia Blogging dan berdomisili di Badung yuk merapat ke barisan Bandung Hijab Blogger, caranya cukup kunjungi instagramnya ddengan klik disini.


Sekalian juga saya mau ajak teman-teman yang memiliki rezeki berlebih buat donasi ke saudara-saudara kita yang kemarin tertimpa musibah di Palu dan Dongga lewat ACT (Aksi Cepat Tanggap) bareng teman-teman Bandung Hijab Blogger. Bagi teman-teman yang tertarik buat berdonasi bisa langsung ke rek BNI Syari'ah 08660 2910 1810063 dan langsung konfirmasi ke teman kami atas nama Alia. Selain dalam bentuk materi saya juga mengajak teman-teman semua untuk selalu mendoakan kebaikan bagi negeri ini, sebuah langkah kecil yang imbasnya luar biasa. Semoga Allah ridhai Indonesia menjadi negeri yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur, menjadi negeri yang subur, adil dan aman ialah negeri yang baik, karena banyaknya pohon-pohon, dan bagus buah-buahannya karena kita selalu mensyukuri rizki pemberian-Nya dan memohon ampun padaNya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Sebagaimana Allâh Azza wa Jalla berfirman:
لَقَدْ كَانَ لِسَبَإٍ فِي مَسْكَنِهِمْ آيَةٌ ۖ جَنَّتَانِ عَنْ يَمِينٍ وَشِمَالٍ ۖ كُلُوا مِنْ رِزْقِ رَبِّكُمْ وَاشْكُرُوا لَهُ ۚ بَلْدَةٌ طَيِّبَةٌ وَرَبٌّ غَفُورٌ
Sungguh bagi Kaum Saba’ ada tanda (kebesaran Rabb) di kediaman mereka, yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (Kepada mereka dikatakan:) “Makanlah dari rizki yang dianugerahkan Tuhan kalian dan bersyukurlah kepadaNya!’. Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr”. [Saba’/34:15].
Imam Ibnu Katsîr rahimahullah, ketika menafsirkan ayat ini, ia mengatakan: “Saba’ adalah (sebutan) raja-raja Negeri Yaman dan penduduknya. Termasuk diantara mereka ialah raja-raja Tababi’ah dan Ratu Bilqis -isteri Nabi Sulaimân-. Dulu, mereka berada dalam kenikmatan dan kebahagiaan (yang meliputi) negerinya, kehidupannya, kelapangan rizkinya, tanaman-tanamannya, dan buah-buahannya. Allâh mengutus kepada mereka beberapa rasul, yang menyeru mereka agar memakan rizki yang diberikan-Nya, dan agar bersyukur kepada-Nya dengan mentauhidkan-Nya dan beribadah kepada-Nya. Keadaan mereka (yang baik) itu terus berlangsung hingga (waktu) yang dikehendaki Allâh, lalu mereka berpaling dari apa yang diserukan kepada mereka, sehingga mereka dihukum dengan datangnya banjir bandang dan terpencar-pencarnya mereka di banyak negeri”. [Tafsir Ibnu Katsîr, 6/504].

Posting Komentar

29 Komentar

  1. Bikin degdegan deh baca penghasilan 1M/bulan... Kece badai. Hehehehe

    Semoga berkah ya kegiatan ngeblog kita 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, iya teh Raisa, keren banget dah pokoknya

      Hapus
  2. Omg aku baru tau loh ada yg dpt 1 m sebulan. Makasih sharingnya teh.. aku jadi makin semangat. Wkwk

    BalasHapus
  3. mantep 1 M sebulan Masya Allah, semoga bisa kaya begitu aamiiin :)

    BalasHapus
  4. 1M, Oohh La Laaa...kapan yaa bisa bgtuww?? 😂😂

    BalasHapus
  5. wahhh, artikelnya dibayar 12 jutaaa. Semoga bisa sampai kesitu

    BalasHapus
  6. Kapan yah dapet penghaslan 1M...ayobmakin semangat nulisnya..

    BalasHapus
  7. keren kren kren teh ampe 1m.. warbyazahhggggg 😫😱

    BalasHapus
  8. wah 1M sebulan bisa tuh saya beli tas hermes ala syahrini hahaha. Wah baru tau teteh kuliah di UGM. saya asli Jogja loh. Bisa nih kapan kapan ke Jogja napak tilas jaman kuliah :D

    BalasHapus
  9. Waah ilmu baru sih ini. Aku baru tau ternyata penghasilan blogger itu banyak dari macem macemnya.

    BalasHapus
  10. waaah, merasa tercerahkan dengan tulisan ini teh. Makin semangat ngeblognya, makin serius :)

    BalasHapus
  11. Wah pasti jago banget yah blogger profesional tuh. Mereka bisa 1 hari beberapa artikel. Beda banget sama aku yg 1 minggu 1 artikel aja masih harus berjuang ngelawan bingung sama urusan rumah. (Kan jadi curcol) pokoknya kita semua harus semangaat lagi ngeblognyaaa

    BalasHapus
  12. Waah makasih teeh udah sharing ini, aku dapet ilmu baru nih tentan mencari penghasilan dari nulis blog, hehe. makasiih yaaa teh! :")

    BalasHapus
  13. Merinding teh pas baca ada yang penghasilannya sampe 1M. Blogger panutanku Ariev Rahman yang niche nya travel, sempet mikir kok jalan-jalan mulu keluar negeri hampir setiap bulan, pas baca blog ini jadi percaya kalau dari blogging bener-bener menghasilkan ya..

    BalasHapus
  14. Keren banget! Semoga bisa seperti mereka ya teh. Thankyou untuk sharing storynya teh. Jadi makin semangat ngeblog 😊

    BalasHapus
  15. kerenn, jadi makin semangat ngeblognya

    BalasHapus
  16. waaaa...penghasilan 1 M yang bombatis seorang blogger...mau donk..semangat teh Ngeblog nya

    BalasHapus
  17. MasyaaAllah...bombastis banget penghasilannya. Jadu makin semangat ngeblog ;)

    BalasHapus
  18. *glek* 1M perbulan?

    bingung mau komen gimana lageh, keburu speechless.

    BalasHapus
  19. Wahhh gak bisa diremehkan nihh org² blog dalam penghasilan :D

    BalasHapus
  20. Mantepp ituu angka 0 nya ada berapaaa.. hahaha pengen bangett deh punya penghasilan sebesar ituu

    BalasHapus
  21. wow.. emang skr mah nulis te menghasilkan..
    setidaknya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  22. Luar biasa banget ulasannya. Bikin tambah semangat yang ngeblog dan yang baca. Sippp banget, Teh, jadi catatan bahwa ngeblog itu berbagi manfaat untuk orang lain, menambah penghasilan jadi bonus tambahan. Hehe

    BalasHapus
  23. What, 1M? Daebakkk... Awalnya sih aku ngeblog belum ingin ke arah komersil, karena aku perlu kapasitas yg cukup utk ke arah sana. Jadi kalopun ada, Alhamdulillah aku lebih seneng nyebutnya sbg bonus hihi

    BalasHapus
  24. 1M? Subhanallah sekali ya teh

    BalasHapus
  25. Nggak bisa bayangin dapet 1 M dari blogging. Pasti perjuangannya nggak mudah ya..

    BalasHapus
  26. Waw waw waw master banget penghasilan 1M?? Wow!

    BalasHapus
  27. Masya Allah, semoga barokah dan lancar perjalanan ngeblog kita ya teh

    BalasHapus