Day 4 Level 2: Tolong Menolong dalam Kebaikan

by - 10/07/2018 08:46:00 AM

.
Saling tolong-menolonglah dalam melakukan banyak kebaikan dan meninggalkan hal yang sia-sia dalam hidup berumah tangga.Perbedaan antara mereka yang berhasil dalam hidupnya dengan yang lain bukanlah karena kurangnya kekuatan atau ilmu, tetapi lebih pada kurangnya kesungguhan dan kemauan orang itu untuk maju dan berhasil. Begitu juga kegagalan dapat terjadi karena kesalahan kita pribadi salah satunya karena tidak fokus. Dan fokus ini sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita memilih dan menciptakan lingkungan tempat tinggal.
.
Kata Bilal bin Sa'ad, kalau kita tidak menyibukkan diri dalam kebaikan, nisca kita akan disibukkan dalam keburukan.
.
Boleh jadi kita memang tidak melakulan hal-hal yang tergolong dosa seperti bergosip dengan tetangga, tapi bisa saja yang kita kerjakan bukan sesuatu yang termasuk membawa kebaikan untuk akhirat kita. Lalu masuk kategori apa? Jangan-jangan masuk kepada hal yang sia-sia dan tidak mendatangkan manfaat. Dan memang, bukanlah hal mudah meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat, karena bisa jadi kita memang tak sadar saat melakukannya. Tahu-tahu sudah sebulan kita belum bisa menghatamkan Al-Qur'an karena waktu yang kita miliki banyak digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Padahal waktu sebulan adalah batas maksimal dan kita dapat dikategorikan lalai pada al Qur'an apabila menghatamkannya kurang dari tiga hari dan lebih dari sebulan.
.
Padahal, di antara tanda sempurnanya islam seseorang adalah meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat, kata Rasulullah SAW yang diriwatkan oleh Abu Hurairah ra dalam HR Tirmidzi dan Ibnu Majah.
.
Sehingga kerjasama bersama pasang dalam hal ini untuk mejalani kehidupan rumah tangga sangatlah perlu, saat kita tak bisa menjadi alarm untuk diri kita sendiri, maka teman terdekat kita dalam hal ini pasangan atau suami kitalah yang paling mampu melakukannya karena kita seatap dan sepiring bersama. Agar ada yang membantu kita menghisab diri ketika fokus kita mulai bergeser atau sebuah targetan belum tercapai, kita dapat kembali fokus pada rencana awal dan tidak mudah menyerah.
.
#hari4
#tantangan10hari
#gamelevel2
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

You May Also Like

0 komentar