Day 14 Level 2: Mengendalikan Emosi Bag. 9

by - 10/17/2018 09:36:00 AM

Tentang marah yang kadang sulit dikendalikan, hingga lupa apa sebenarnya tujuan life goals kita hidup di dunia ini ketika menjalankan peran baik itu menjadi seorang muslimah, istri dan ibu bahkan mungkin ada yang merangkap peran kebermanfaatan lainnya. Maka menuliskan apa saja life goals dalam menjalankan peran-peran tersebut dan mengingatnya kembali (menghafalnya) minimal membacanya ulang setiap hari akan sangat membantu ketika diri sedang dipenuhi berbagai hal negatif atau bahkan tak terkontrol untuk mengendalikan emosi sesaat yang mungkin saja bisa sangat merugikan.
.
Karena kadang kita terbatas kemampuan dalam mengerti lingkungan dan perilaku orang-orang disekitar kita atau mungkin terlalu lelah dalam menjalankan peran-peran tersebut hingga mungkin semua kelelahan yang kita jalani ternyata tak membuahkan hasil yang maksimal sehingga membuat kita risau. Maka mengingat lagi life goals dalam menjalankan peran-peran kita adalah obat yang akan menjadikan diri kita tak mudah menyerah, sabar, dan kuat oleh berbagai ujian.

Jika cara diatas tak sesuai, coba jelaskan padaku bagaimana kita akan menjadi pemarah kepada anak yang mungkin belum mengerti apa-apa yang bersifat hukum syari'at (karena anak masih dalam usia belum baliq) jika salah satu life goals kita menjalani peran menjadi ibu adalah mencurahkan seliruh perhatian dan kasih sayang padanya serta selalu lembut dan sabar dalam mendidiknya hingga ia mencapai usia aqil baliq? Barangkali jika pun ada, mungkin lembut dan sabar dalam mendidik anak-anak bukanlah life goalsnya dalam menjalankan perannya sebagai seorang ibu bagi putra-putrinya. Begitu juga pada peran lainnya, karena orang yang hidup dengan tujuan yang jelas tak akan mudah kalah dengan keadaan. Namun jika dia tak memiliki tujuan yang jelas maka ia akan mudah terprovokasi oleh keadaan.
.
Bukankah orang yang paling kuat adalah seorang yang sabar dan tak mudah menyerah?
.
#hari14
#tantangan10hari
#gamelevel2
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

You May Also Like

0 komentar