Ads

Day 6 Level 1 : Adab Komunikasi



Sudah menjadi pertanyaan sejak lama, apakah karakter manusia itu dibangun (nuture) atau dilahirkan (nature)? Apakah karakter manusia itu terkait dengan bawaan lahir sehingga menjadi karakteristik induvidi unik yang membedakannya dengan manusia lainnya atau karakter manusia itu dibangun sebagaimana ada istilah character building sehingga menjadi karakter mulia yang inheren dalam dirinya?
.
Karakter menurut Imam Ghazali adalah setiap perbuatan atau aktivitas yang dilakukan oleh manusia tanpa diawali oleh proses berfikir, karena karakter itu sudah inheren, merupakan sikap dan sifat yang melekat pada diri seseorang. Jika demikian maka apakah karakter itu dibangun atau dilahirkan?
.
Dalam Islam ada dua tema pusat dalam mendidik yaitu fitrah dan adab. Pendidikan yang seimbang antara firtah dan adab akan melahirkan generasi yang hebat perannya dan mulia adabnya.
.
Mengapa dahulu nilai-nilai al Qur'an dan al Hadits amat mudah diterima oleh para Sahabat? karena al Qur'an dan al Hadits selaras dengan fitrah penciptaan manusia, selain itu fitrah para Sahabat telah ditumbuhkan melalui pembinaan yang dilakukan Rasulullah saw sehingga fitrah yang tumbuh hebat tersebuh akan mudah disempurnakan oleh adab yang mulia.
.
Fitrah dan adab, keduanya harus berjalan seiringan agar perannya menjadi mulia. Sehingga dalam melakukan pendidikan karakter perlu diperhatikan keseimbangan untuk tiap tahapan usia antara menumbuhkan potensi fitrah dan memperkuatnya dengan nilai-nilai adab. Karena jika potensi fitrah saja yang ditumbuhkan tanpa penguatan adab hanya akan melahirkan peran-peran hebat tak beradab, sementara penguatan atau penanaman adab tanpa memperhatikan potensi fitrah dan penumbuhannya akan menyebabkan hilangnya peran dengan kinerja yang baik atau akan memunculkan peran yang tidak produktif.
.
Diantara adab yang perlu diperhatikan oleh seseorang dan para pendidik adab berkomunikasi dalam menjalani fase-fase usia. Karena ketidaksesuaian dalam menjalani fase-fase usia dapat membuat seseorang memiliki prilaku yang buruk atau bahkan biadab.
.
Berikut adab berkomunikasi dalam Islam yang perlu diperhatikan untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari baik itu di dalam kehidupan berumah tangga atau di masyarakat:
1. Berkata Baik Atau Diam
2. Sedikit Bicara Lebih Utama
3. Dilarang Membicarakan Setiap yang Didengar
4. Jangan Mengutuk dan Berbicara Kotor
5. Jangan Senang Berdebat Meski Benar
6. Dilarang Berdusta Untuk Membuat Orang Tertawa
7. Mendengarkan pembicaraan orang lain dengan baik dan tidak memotongnya, juga tidak menampakkan bahwa kamu mengetahui apa yang dibicarakannya, tidak mengganggap rendah pendapatnya atau mendustakannya.
8. Menghindari perkataan kasar, keras, dan ucapan yang menyakitkan perasaan, dan tidak mencari-cari kesalahan pembicaraan orang lain dan kekeliruannya.
.
Pada prakteknya, saya dan suami berusa mempraktekkan semua point-point di atas. Seraya senantiasa memohon pertolongan kepada Allah agar diberikan kemampuan dan selalu mengingat visi dan misi yang telah sama-sama disusun. Agar lebih mampu bersabar dalam menjalani setiap tantangan yang hadir dalam kehidupan berumah tangga dan bermasyarakat.
.
"Praaak!!!" sebuah gelas berisi air dari tanganku ketika aku hendak minum. Utsman tidak sengaja menampiknya ketika ku gendong.
Dia kaget dan semakin rewel. Buru2 kutenangkan dia dan membiarkan yang terjatuh.
"Nggak apa-apa Nak, Umi tidak marah." Sambil mengecup keningnya.
"Utsman ngantuk? Yuk bubuk." Sambil menggendong dan memeluknya agar lebih nyaman.
Begitu Utsman sudah tertidur barulah kubereskan gelas dan tumpahan airnya.
.
#hari6
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Posting Komentar

0 Komentar