Membuat Learning Design

by - 4/20/2018 08:26:00 PM


Nice Homework #5 [Kelas Martikulasi IIP Batch #5]

Materi yang saya dapatkan dari mengikuti Kelas Martikulasi di Institut Ibu Profesional adalah Belajar Bagaimana Caranya Belajar. Untuk mengendapkan ilmu, kami diberikan Nice Homework (NHW) seperti berikut:


BELAJAR BAGAIMANA CARAYA BELAJAR

Setelah mala mini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat “Desain Pembelajaran” ala kita.
Kami tidak akan membantu banyak, mulailah mempraktekkan “learning how to learn” dalam membuat NHW #5.
Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu desain pembelajaran.
Bukan hasil sempurna yang kami harapkan, melainkan “proses” anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yang perlu anda share kan ke teman-teman lain.
Selamat berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

Salam Ibu Profesional

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Belajar Bagaimana Caranya Belajar (Learning How To Learn)


Learning by Design Menurut Saya

Setelah membaca dan mencoba memahami materi ke 5 di kelas martikulasi IIP. Sebagai seorang induvidu, saya seperti diajak untuk kembali merenung dan menilai “apakah selama ini sudah belajar dengan cara yang benar?”. Berangkat dari posisi saya sebagai calon orang tua, saya pun seperti diajak berpikir “apakah saya sudah mempersiapkan diri menjadi ibu yang mampu menularkan semangat belajar kepada anak-anak saya?. Sedangkan saya sendiri berharap memiliki anak-anak yang shalih, yang tidak hanya menjadi amal jariyyah bagi kami (orang tuanya) namun juga akan bermanfaat bagi agama dan umat di zamannya. Karena anak-anak yang sukses menjalani kehidupan di dunia hingga di akhirat nanti perlu melakukan amal shalih. Dan untuk beramal shalih mereka membutuhkan ilmu. Begitu juga untuk mencapai derajat ahlul ilmu mereka senantiasa butuh belajar.

Berbicara terkait desain pembelajaran diri sendiri menurut saya pribadi, hal mendasar yang harus tertanam kuat dalam diri adalah bagaimana caranya kita termotivasi agar selanjutnya merasa suka/cinta dan butuh pada ilmu. Seperti hal nya kita mencintai kenikmatan apa saja yang ada di surgaNya dan butuh akan pertolongan Allah azza wa jalla untuk mencapainya, kita perlu tahu apa saja yang kenikmatan yang ada di surga. Dengan begitu, dengan sendirinya kita akan mencari tahu hal-hal apa saja yang kita butuhkan untuk melayakkan diri mendapatkan pertolongan Allah agar dapat memasuki surgaNya.

Dari gambaran yang saya paparkan sebelumnya terkait kecintaan kita terhadap surga dan kebutuhan kita pada pertolongan Allah azza wa jalla, meurut saya pribadi kita dapat menarik garis merah dalam merancang desain pembelajaran diri sendiri, dengan melewati beberapa tahapan sebagai berikut:
[1] Motivasi, di tahap ini kita butuh gambaran manfaat apa yang akan kita peroleh ketika menguasai suatu ilmu. Setelah mengetahui gambaran manfaat apa yang akan kita peroleh, dengan sendirinya kita akan terdorong untuk merasa butuh.
[2] Rasa Butuh, ketika sudah merasa butuh akan sebuah ilmu karena manfaat yang didapatkan apabila telah menguasainya, maka dengan sendirinya walau diawali dengan terpaksa akan tetap menempuh jalan menuntut ilmu tersebut. Setelah menempuh jalan menuntut ilmu walau dengan terpaksa, dengan sendirinya akan membentuk kebiasaan. kebiasaan inilah yang akan menumbuhkan rasa suka/cinta pada ilmu dan proses mencarinya.
[3] Rasa Cinta/Suka, ketika sudah merasa suka/cinta pada ilmu dan proses mencarinya. Dari sinilah akan melahirkan induvidu yang sangat suka belajar. Dan dengan sendirinya juga induvidu-induvidu tersebut akan belajar ilmu apa saja yang sekiranya bermanfaat sepanjang hayatnya.

Setelah merumuskan tahapan dalam belajar seperti yang saya uraikan di atas, sekarang kita akan membuat haluan yang nantinya akan menjadi panduan untuk belajar suatu ilmu kedepannya. Inilah yang saya sebut sebagai Learning by Design karena mungkin seiring berjalannya waktu akan berubah atau bertambah sesuai kebutuhan.

Cara terbaik untuk mempelajari suatu ilmu adalah dengan memiliki atau mengetahui tujuan yang akan menjawab pertanyaan “mengapa hal ini penting”. Kebiasaan memulai belajar dengan memperhatikan tujuan akhir akan mengajarkan bagaimana caranya hidup dengan visi, misi dan tujuan.


Membuat Rencana dan Pentingnya Membuat Rencana Belajar
Cara terbaik memprediksi hasil adalah dengan merencanakan hasil yang kita inginkan. Dan orang yang belajar efektif adalah orang yang merencanakan desain belajarnya sendiri. Membuat rencana belajar diawali dengan hal-hal berikut ini:
[1] Melihat
·         Mendefinisikan perilaku yang mengambarkan potensi diri sendiri
·         Memilih menjadi proaktif untuk membentuk kebiasaan Visi Pribadi
[2] Berbuat
·         Memproyeksikan hasil mempelajari suatu ilmu
·         Mengenali diri sendiri dengan cara menjawab pertanyaan berikut:
[a] Apa cita-cita saya?
[b] Peran seperti apa yang saya inginkan?
[c] Keterampilan apa yang saya butuhkan untuk meraih cita-cita dan memperoleh peran yang saya dambakan?
[d] Pendidikan atau pengalaman apa yang saya butuhkan untuk meraih cita-cita dan memperoleh peran yang saya dambakan?
[e] Apa minat terbesar saya?
[f] Apa yang ingin saya raih dalam lima tahun terakhir (rencana jangka pendek)?
·         Membuat Misi Pribadi
·         Menulis ide secara bebas
[3] Mendapatkan
·         Melaksanakan desain belajar yang telah dibuat berdasarkan Misi Pribadi yang merangkum tujuan.
[a] Membuat skala prioritas kedalam empat kategori : mendesak, tidak mendesak, penting dan tidak penting.
[b] Menajemen Pribadi : Mendahulukan yang utama dari skala prioritas
[c] Tetap focus pada hal-hal yang utama dengan cara:
1.       Mendefinisikan tujuan
2.       Membahas kunci mencapai tujuan
3.       Membuat tujuan jangka panjang
4.       Merencanakan aktivitas
5.       Membuat jadwal dalam sebuah system perencanaan

Mengukur diri dengan pertanyaan:

“Seberapa baik saya memahami ilmu yang telah saya pelajari?”

Jika berkenan mengadopsi cara saya "Learning how to Learn" Silahkan teman-teman praktekkan seperti point-point di atas.

You May Also Like

0 komentar