Ads

Cara Menggunakan Birthing Ball Selama Hamil


Penggenalan penggunaan gymball selama hamil dan melahirkan sudah banyak dibahas dalam kelas-kelas Yoga prenatal atau menyiapkan persalinan gentle birth. Anda pun dapat memperoleh gymball dengan mudah melalui market place. Namun sebelum membeli, berikut tips dari saya:

Tips Membeli Gymball

[1] Pilih sesuai tinggi badan karena Gymball ada beberapa ukuran seperti 65 cm dan 75 cm. Jika anda memiliki tinggi badan kurang dari 160 cm, maka belilah gymball yang berukuran 65 cm. Sedangkan jika anda memiliki tinggi badan lebih dari 170 cm, maka belilah gymball yang berukuran 75 cm. Karena dengan memilih ukuran gymball yang tepat dengan tinggi badan kita, akan membuat gerakan kita lebih optimal.
[2] Membeli gymball dengan menyesuaikan budget. Karena berdasarkan harga, range-nya berkisar dari Rp 100.000,- s.d Rp 350.000.
[3] Pilih yang permukaannya halus agar kita lebih nyaman ketika duduk di atasnya karena ada beberapa gymball yang permukaannya bergrigi dan kalaupun ada patternnya, pilihlah yang lurus-lurus seperti gambar di bawah ini:
sumber gambar: www.hirefitness.co.uk

Penggunaan Gymball selama Hamil

Perlu diperhatikan, gunakanlah gymball saat usia kandungan 37 weeks atau kepala bayi sudah berada di bawah, dan jangan gunakan gymball ketika usia kandungan kurang dari 37 weeks karena biasanya posisi bayi masih dalam keadaan melintang atau sungsang.

[1] Duduk sambil bergoyang di atas gymball

sumber gambar: www.bing.com/images/Exercise While Pregnant

Duduklah di atas gymball dengan nyaman. Pastikan kaki tertekuk membentuk 90 derejat. Buka kaki dan duduklah sambil bergoyang. Gerakan ini sangat santai namun tetap exercise sehingga bisa dilakukan sambil menonton atau menemani anak bermain.
Variasi Gerakan
[a] Bergoyang searah jarum jam sebanyak delapan hitungan, kemudian sebalinya juga sebanyak delapan hitungan, dst.
[b] Bergoyang mengikuti arah angka delapan.
[c] Pastikan duduk dengan nyaman, sangga perut dengan pantat sehingga menimbulkan effect bounce sebanyak sepuluh hitungan, istirahat kemudian ulangi lagi.
Note:
Berapa lama? Sesuai kesanggupan diri kita masing-masing.
Kapan waktunya? Saat usia kandungan 37 weeks atau kepala bayi sudah berada dibawah.
Kegunaan? Untuk memperluas gerak bayi karena pinggul terbuka secara optimal sehingga membantu bayi mengoptimalkan posisinya masuk ke panggul.

[2] All Four/Pelvic Rock dengan bantuan Gymball
sumber gambar: www.bing.com/images/Exercise While Pregnant

Gerakan all four atau pelvic rock ini sangat cocok banget untuk ngelatih otot pelvis (yang akan berperan besar selama proses melahirkan nantinya, sehingga latihan ini sangat perlu dilakukan). Selain itu juga, sangat bagus bagi teman-teman yang bayinya masih sungsang atau miring. Jadi saat kita berada dalam posisi all four, rahim kita berada dalam posisi terluas untuk bayi sehingga bayi dapat bergerak memposisikan diri seoptimal mungkin.
Note:
Setiap gerakan hendaknya selalu memperhatikan keselamatan seperti menghindari berlatih langsung di lantai tanpa menggunakan alas anti slip, dan segeralah berhenti apabila sudah lelah serta jangan lupa fokus untuk mengatur nafas.

[3] Squatting
sumber gambar: http://www.guiadobebe.com.br/parto-de-cocoras/

Squat (berjongkok), dapat dilakukan dengan gerakan naik turun jika kuat atau cukup berjongkok dengan memengang gymball. Posisi ini juga berfungki sebagai penguat otot pelvis yang berperan besar dalam proses persalinan nanti.

Untuk videonya, dapat dilihat di link You Tube berikut ini:




Posting Komentar

0 Komentar