Ads

Birth Plan



Apa itu Birth Plan?
Birth Plan adalah sebuah daftar rencana yang diinginkan oleh pasangan suami istri guna menjadi rujukan atau catatan untuk tenaga kesehatan yang akan mendampingi ibu hamil untuk menjalani proses melahirkan.

Kenapa harus membuat birth plan? Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya pengalaman negatif bahkan hingga mal praktek. Karena dengan membuat birth plan, kita benar-benar tahu apa yang akan dan seharusnya kita lakukan dalam menjalani proses persalinan nantinya (tentunya dengan ilmu yang dapat dipertanggung jawabkan). Sebab ini adalah bayi dan tubuh kita, jadi kita memiliki hak membuat perencanaan seperti apa proses persalinannya nanti. Selain itu birth plan ini akan menjadi catatan tertulis untuk pendamping persalinan kita (bidan/dokter/perawat/klinik/rumah sakit), terutama dipegang juga oleh suami dan anggota keluarga yang nantinya akan membantu proses persalinan kita.
Dengan begitu, seluruh pihak bisa saling memantau dan mengingatkan jika ada yang tidak sesuai dengan rencana tertulis persalinan kita, termasuk jika ada indikasi medis yang membuat birth plan ini mungkin akan diubah, pihak nakes sudah tahu bahwa mereka harus mengonfirmasikan tindakannya terlebih dahulu. Tidak akan ada lagi simpang siur tindakan, dan akan begini begitunya menjadi transparan.

Bagaimana contoh Birth Plan?
Dari penjelasan yang saya tangkap dari bu bidan, berisi rencana lahiran di setiap kala (urutan) persalinan. Apa itu Kala Persalinan? Klik [disini] untuk mengetahui apa itu “Fase atau kala (urutan) dalam proses persalinan”.

Contoh Form Birth Plan bisa dilihat dengan klik [disini]
Sedangkan Birth Plan saya bisa dilihat dengan klik [disini]

Sumber:
Aprilia, Yesie. Gentle Birth Balance: Persalinan Holistik Mind. Qanita Mizan. 2014



Posting Komentar

0 Komentar