Kelas Martikulasi IIP

by - 2/12/2018 12:27:00 AM


GAMBARAN KELAS MARTIKULASI IIP
Program  Matrikulasi Ibu Profesional adalah program kuliah  para calon member Komunitas Institut Ibu Profesional agar memiliki kompetensi ilmu-ilmu dasar menjadi seorang “Ibu Profesional” yang menjadi kebanggaan keluarga dan komunitas. Materi diberikan dalam sebuah grup WhatsApp selama 9 pekan. Ada 9 materi menarik yang disampaikan setiap senin pagi oleh para fasilitator Komunitas Institut Ibu Profesional.
Peserta bisa memulai diskusi kapanpun, interaktif dengan sesama peserta. Fasilitator akan hadir jam 20.00 – 21.00 WIB untuk berdiskusi langsung dengan peserta. Pada Rabu pagi, akan diberikan “nice homework” yang harus dikerjakan peserta dalam minggu itu untuk memberikan pemahaman lebih mendalam terhadap materi yang telah diberikan sebelumnya.
Kelas ini adalah kelas berbayar dengan investasi sebesar Rp 100.000,-/orang sekaligus sebagai biaya membership IIP seumur hidup dengan distribusi dana 10% untuk Sejuta Cinta Pusat, 20% kembali ke IIP Kota sebagai kas kota, dan 70% untuk IIP Pusat sebagai biaya pengembangan program.
Jadwal Pekanan Secara Umum :
Susunan Menu Belajar Pekan Pertama :
[Materi] - Senin pagi (09.00 WIB)
[Diskusi] - Senin malam (20.00 - 21.00 WIB)
[Nice Homework] - Selasa pagi (09.00 WIB)

Susunan Menu Belajar Pekan Kedua :
[Review Noce Homework] - Senin pagi (09.00 WIB)
[Diskusi] - Senin malam (20.00 - 21.00 WIB)
[Materi] - Selasa pagi (09.00 WIB)
[Diskusi] - Selasa malam (20.00 - 21.00 WIB)
[Pemberian Nice Homework] - Rabu pagi (09.00 WIB)

Susunan menu pekan Ketiga dan seterusnya mengikuti susunan pekan Kedua. Alhamdulillaah tercatat pada Kelas Martikulasi Batch #5 di awal tahun 2018 peserta yang mendaftar dibatasi hanya 3500 orang calon member. -Maa syaa'a Allaah, banyak banget ya-
MATERI KELAS MARTIKULASI IIP
Materi yang diberikan adalah sebagai berikut:
#1 [Prolog] Adab Menuntut Ilmu
#2 [Overview Ibu Profesional] Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga 
#3 [Bunda Sayang] Membangun Peradaban dari dalam Rumah
#4 [Bunda Sayang] Mendidik dengan Fitrah, berbasis Hati Nurani 
#5 [Bunda Cekatan] Ibu Manajer Keluarga 
#6 [Bunda Cekatan] Belajar Bagaimana Caranya Belajar
#7 [Bunda Produktif] Rejeki itu Pasti, Kemuliaan harus dicari
#8 [Bunda Produktif] Menemukan misi spesifik hidup
#9 [Bunda Shaleha] Ibu sebagai Agen Perubahan

KENAPA HARUS IKUT KELAS MARTIKULASI?
Adalah sebuah pertanyaan mendasar yang perlu kita miliki setiap akan mempelajari suatu ilmu pengetahuan atau mengikuti suatu kegiatan/komunitas. Juga pertanyaan serupa seperti "Apa manfaat dan target yang perlu diraih dalam kelas ini?" "Apa tujuan mengikuti kelas ini?". Pertanyaan seperti ini perlu kita munculkan sebelum mengikuti kelas Institut Ibu Profesional agar kita mampu mendapatkan materi yang utuh dan terarah dari komunitas Institut Ibu Profesional.
Saya sendiri telah bergabung di grup WhatsApp komunitas ini dimulai pada awal tahun 2018 terdaftar di Kelas Martikulasi Institut Ibu Profesional Batch #5 dan merasa nyaman dengan bergabung bersama teman-teman yang memiliki satu semangat untuk memberikan yang terbaik bagi keluarganya. Dengan mengikuti kelas matrikulasi, saya merasa masuk kuliah beneran sebagai mahasiswa Institut Ibu Profesional.
Suami saya mendapatkan gelar sarjananya di ITB, sedangkan saya memilih melanjutkan kuliah di UGM. Berbeda dengan di UGM, berdasarkan cerita dari suami, ada istilahnya TPB (Tahap Persiapan Bersama) dengan mempelajari ilmu-ilmu umum pada satu tahun pertama jika kita memilih melanjutkan kuliah di ITB. Baru pada tahun kedua kuliah di ITB, para mahasiswa akan diarahkan atau masuk jurusan yang diminati oleh masing-masing mahasiswa dengan ilmu yang lebih terarah dan spesifik, tentunya dengan berpedoman pada data ketika mendaftar sebagai calon mahasiswa. Nah, sama seperti gambaran mengikuti TPB untuk melanjutkan kuliah di tahun kedua sebagai mahasiswa ITB, kelas matrikulasi ini adalah tahap masuk ke jurusan yang sebenarnya.
Target saya pribadi dalam mengikuti kelas ini adalah memahami setiap materi yang diberikan dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sebaik-baiknya, agar dapat segera diaplikasikan dalam keluarga. Semoga dengan begitu bisa menjadi pribadi, isteri dan ibu dalam keluarga, serta anggota masyarakat yang lebih profesional dan bermanfaat bagi orang lain. -Aamiin-
Setelah membaca uraian saya di atas dan di postingan sebelum ini tentang apa itu Institut Ibu Profesional. Segeralah bergabung belajar bersama kami agar sesegera mungkin mendapatan manfaat dari Komunitas Institut Ibu Profesional. Caranya dengan mencari kontak member IIP agar kemudian di arahkan ke cabang-cabang IIP terdekat di kota/kabupaten dimana anda tinggal. Jika masih belum yakin, simak postingan saya selanjutnya terkait materi dan "nice homework" Kelas Martikulasi Institut Ibu Profesional.
“Siapapun kita, kekuatan mencari ilmu harus lebih gigih dibanding kekuatan ketika mencari makan/ nafkah..” -Aa Gym-

You May Also Like

0 komentar